Perang OS untuk Tablet Bakal Seru di Tahun 2011


Gara-gara permintaan terhadap tablet yang begitu besar, Google kewalahan. Honeycomb, versi Android yang diciptakan untuk komputer tablet, dikebut agar cepat selesai.

Para vendor pun rela menunggu dan mengantre. Kepada Honeycomb harapan mereka diberikan agar bisa mendapat bagian dari kue penjualan komputer tablet yang diprediksi mencapai 50 juta hingga 60 juta unit pada 2011.

Tentu saja, tanpa dukungan dari sistem operasi (OS) yang tepat, tablet tak ubahnya hardware 'mandul' seberapa pun canggih spesifikasinya. Awal 2011 ini menjadi penanda munculnya beberapa sistem operasi baru pada komputer tablet. Tak melulu Android dan iOS keluaran Apple. Berikut beberapa di antaranya.

OS Windows 7 dalam persaingan pasar tablet, Microsoft jelas tidak ingin ketinggalan. Buktinya, Windows 7 bakal bersaing mengisi OS tablet. Ya, Microsoft ingin menghadirkan OS tablet dengan tampilan dan rasa yang lebih menarik. Dan, sejauh ini, komentar yang datang sudah positif.

QNX OS BlackBerry Playbook menjadi salah satu gadget yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya pada 2011. PlayBook menggunakan OS QNX yang juga disebut-sebut sebagai OS masa depan smartphone BlackBerry nantinya. Mereka yang pernah mencoba langsung PlayBook mengaku terkesan, juga bingung. Karena OS QNX benar-benar berbeda dari yang sudah ada. Apakah perbedaan ini plus atau minus, kita lihat saja nanti.

iOS Tablet semua mengakui, Apple iPad adalah pencetus dari tren tablet. Sistem operasinya terbukti sangat stabil, andal, juga interaktif. Belum lagi dukungan ratusan ribu aplikasi, game, dan konten di toko online yang sangat lengkap. Sejauh ini, iOS tablet masih memimpin dan mungkin akan terus memimpin selama 2011.

WebOS Mulanya Hawlett-Packard (HP) akan ikut-ikutan menunggu Android sebagai sistem operasi di tabletnya. Namun, setelah mengakuisisi Palm seharga USD1,2 miliar, raksasa teknologi itu memutuskan untuk mengembangkan OS-nya sendiri, WebOS. Mereka bersiap meluncurkan smartphone dan tablet baru yang berbeda dengan kompetitornya.

OS Linux Meski muncul belakangan, Linux OS untuk tablet harus diperhitungkan. OS ini dikenalkan pada CES 2011 oleh Sharp yang merilis tablet terbaru mereka, Galapagos. Tablet Galapagos mungkin baru akan dirilis pada semester kedua 2011 mendatang, tapi bukan tidak mungkin sistem operasi ini dapat menjadi pesaing yang tangguh kedepannya.

OS Meego. Ya, Meego untuk tablet merupakan hasil kerja sama antara Nokia dan Intel. Meego memiliki user interface fun dan memudahkan pengguna dalam melakukan update pada social network, e-mail, dan lain-lainnya. Mampukah bersaing dengan OS lain yang sudah ada? Kita lihat saja nanti. O

S Android 3.0 Honeycomb atau Android 3.0 adalah OS yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya oleh vendor seperti Motorola, LG, Dell, dan Samsung. Berbeda dengan versi Android sebelumnya seperti Froyo atau Gingerbread, Honeycomb didesain khusus oleh Google untuk memaksimalkan hardware dari komputer tablet. (okezone)

0 komentar:

Post a Comment